Kamis, 06 Oktober 2011

Falling in Love With You, THAILAND

Hat Yai, Trang and Koh Lanta

Saya hanya butuh lima hari liburan di empat kota di Thailand untuk menyimpulkan bahwa negara ini betul-betul mengagumkan. Bukan hanya pantainya yang indah, melainkan juga orang-orangnya yang ramah dan makanannya yang enak. Satu lagi, untuk liburan di Thailand, kalian tidak butuh uang yang banyak. Pengeluaran kalian akan sama halnya jika liburan di Indonesia. Saya bahkan belum pernah menemukan penginapan di Makassar dengan biaya THB 200 per malam atau sekitar IDR 60,000.

Perayaan Festival Songkran di Hat Yai

Saya dan tiga teman saya, Dede, Muhe dan Saskia, memulai perjalanan liburan kami di Thailand pada 12 April 2011 setelah kereta api yang kami tumpangi tiba di Hat Yai pada siang hari. Waktu itu, Hat Yai cukup ramai karena esoknya adalah perayaan tahun baru berdasarkan penanggalan Thailand yang mereka sebut Songkran Festival. Pada perayaan ini, tua-muda, laki-perempuan dengan timba, ember kecil ataupun pistol air, mereka turun ke jalanan untuk saling menyiramkan air kepada semua pengguna jalan, tidak terkecuali kami.

Kami tidak begitu lama di Hat yai karena kami harus menuju ke Koh Lanta. Kami pun mendapatkan tiekt murah dari travel agen yang ada di dekat mall di Hat Yai seharga THB 450. Untuk kalian yang berencana liburan di Thailand, supaya lebih murah, belilah tiket di terminal kota yang kalian kunjungi :) Sebelum ke Koh Lanta, minibus yang kami tumpangi transit di Trang. Perjalanan dari Hat Yai ke Trang memakan waktu tiga jam. Kami sedikit takjub ketika minibus kami berhenti sesaat untuk mengisi bensin dari sebuah gudang kecil.

Pom bensin di dalam gudang? :)

Landmark kota Trang

Muhe, saya, Saskia dan Dede di kota Trang

Jajanan dan makanan khas Thailand di pasar malam di kota Trang. Favorit saya adalah roti isi seharga THB 20 (Gambar paling bawah)

Di Trang, kami harus menginap karena bus terakhir tujuan ke Koh Lanta sore itu sudah berangkat. Kami pun menyewa kamar di PJ's Guesthouse dengan membayar THB 200 per kamar. Trang adalah kota kecil yang mengagumkan. Dari sini, kita bisa naik kereta tujuan Bangkok. Landmark kota ini adalah sebuah jam yang berada tepat di tengah kota. Kami pun sempat menikmati pasar malam di Trang yang menjual pakaian, tas dan makanan. Saya pun lebih memilih menikmati kuliner-kuliner khas Thailand, khususnya Trang.

Berfoto dengan pemilik Guesthouse sebelum meninggalkan kota Trang

Setelah menikmati kota Trang, esoknya kami berangkat menuju Koh Lanta. Perjalanan ditempuh selama dua jam dan melalui dua pelabuhan fery karena Koh Lanta terdiri dari dua pulau besar yang saling berdekatan.

Penyebrangan feri di Koh Lanta dan ferinya.

Di Koh Lanta, kami turun di Sala Dan Pier untuk menaiki feri tujuan Koh Phi Phi. Ongkos untuk perjalanan ini adalah THB 250 di travel agen di sekitar pelabuhan itu. Biaya ini sebenarnya bisa lebih murah jika kalian tidak membelinya di travel agen, melainkan langsung dari empunya feri.

Saya' di Sala Dan Pier, Koh Lanta, Krabi.