Minggu, 24 Juni 2012

ANYONGHASEOOO......... Part 1

VISA KOREA SELATAN,,,,yeyy I've Got It 

Anyonghaseoooooooo....... ( Salam dalam bahasa Korea )
Visa Korea Selatan
       Apa kabar para blogers??? Udah lama banget nih gak nulis, rada-rada bingung juga mulainya. Berhubung tema blogku BACKPACKING jadi yah nulisnya juga harus mengenai perjalanan. Nah....November kemarin habis trip Java sekarang lanjut backpacking ke Negeri Gingseng, KOREA SELATAN 
Enam bulan setelah trip terakhir dari Java akhirnya dapat cuti dari kantor  dan bisa melanjutkan backpacking, tanpa backpacking otomatis blogku ini tidak tershare lagi dengan pengalaman baru di tempat baru dan tentunya dengan orang-orang baru serta foto-foto baru :p
Hmmmmm.....KOREA SELATAN .....yah negara dengan penuh pesona yang sekarang ini lagi hot hotnya menjadi pusat tren, mode,  fashion, serta drama-dramanya yang lagi ramai diperbincangkan. Tidak salah jika Korsel menjadi incaran backpacking saya kali ini. Berhubung saya juga adalah penggemar serial drama Korea jadi sedikit penasaran dengan  negara tersebut untuk dikunjungi langsung.
Oke para blogers, ini sedikit coretan pengalaman dan sedikit trip-trip selama berada di Korsel...
Sebelum melakukan trip, jauh-jauh hari sebelumnnya yang kalian harus lakukan adalah mengetahui negara atau tempat yang kalian ingin kunjungi. Buatlah intinerary sebaik mungkin, tentukan guest house yang bakalan akan kalian tempati dan sebisa mungkin search di internet biaya-biaya akomodasi ( Subway, Train, Bus, MRT) selama kalian di sana, jadi perjalanan kalian bisa di handle dengan budget yang sudah diperkirakan sebelum berangkat.  Ingat backpacking itu tanpa “Tour Guide” jadi kalian harus urus perjalan kalian sendiri, buku panduan serta peta-peta merupakan kunci utama bagi seorang backpacker.
Peta Korea Selatan

Peta SEOUL

Buku Panduan dilengkapi dengan rute-rute Subway Seoul dan sekitarnya

      Backpacking itu perlu perencanaan yang matang , seperti trip saya kali ini ke Korsel, dari bulan Desember saya sudah merencanakannya. Bukan waktu yang singkat dari Desember ke Mei jadwal keberangkatan saya. Selain bisa hunting tiket “promo”, mempelajari culture dan apa-apa saja yang wajib kita lakukan selama di negara tujuan kalian menjadi keuntungan dari perencanaan bacpacking kalian, jadi selama di sana istilah Shock Culture bakalan hilang.
Jauh-jauh hari sebelum berangkat kami telah membookig kamar di Hongdae Guest House, Seoul
       Backpacking kali ini saya bersama dengan partner baru, ada Kak Julian, Nade ( Teman Indonesian Youth Camp) dan Kak Wiwin, mereka bertiga dari Banjarmasin. Sedangkan Kak Glen , Mba Fitri mereka dari Jakarta, keduanya adalah seorang Penulis dan Reporter. Namun,selama di Seoul partner bertambah “Kak Devi” merupakan teman baru yang kami temui di Incheon, Seoul. Dia berangkat sendiri dan akhirnya kami jadi partner. Nice to know them ))
My Travel-Mate, dari Kiri Ash ( Penang, Malaysia), Kak Wiwin ( New Partner dari Banjarmasin Kalimantan Selatan), saya, Amelia Dewi ( Teman saya di Program Sea Games Indonesian Youth Camp dari Banjarmasin juga, dan yang paling kanan teman lama saya di dunia maya Kak Julian Triadana ( Banjarmasin )

Kak Devi dari Manado, Sulawesi Utara ( New Travel-Mate ketemu di pesawat Kula Lumpur to Seoul)
 VISA KOREA SELATAN

      Enam bulan sebelum keberangkatan kami sudah membooking tiket “AIR ASIA” dengan rute JAKARTA-KUALA LUMPUR- INCHEON (SEOUL ) PP, jadi kami starting dari kota masing-masing dan bertemu di Jakarta. Masalah tiket sudah beres, tapi bukan berarti kami sudah bisa langsung terbang ke Korea sesuai jadwal. Ada satu hal yang sangat penting dan agak sedikit rumit pengurusannya, yah VISA.... Visa Korsel itu termasuk visa yang diperhitungkan seperti (Visa Amerika, Jepang, Australia, dan Visa Schengen ) jadi kalau kalian sudah memegang Visa Korea Selatan maka akan lebih mudah untuk mendapatkan visa Jepang ( itu katanya orang di kedutaan yah.......). Dokumen-dokumenpun kami siapkan, berhubung ini kali pertama saya ke luar negeri yang memakai visa jadi pengurusanku agak ribet. Tapi untungnya saya tidak perlu ke Kedutaan Korsel untuk Indonesia di Jakarta, dengan adanya agent (re : pengurus kilat) saya menyerahkan sepenuhnya kepada dia dengan hanya mengirim dokumen asli saya via TIKI. Tetapi ada harga yang tentunya kalian harus bayar lebih jika memakai jasa agent. Untuk normalnya Visa berkisar Rp.400.000,- sampai Rp. 500.000, tapi saya harus membayar Rp.680.000,.
Boarding Pass dan Pasporku
Adapun dokumen-dokumen yang harus disiapkan untuk pengurusan Visa :
 
1.    Paspor Asli
Berdasarkan pengalaman kepengurusan, paspor yang kosong dalam artian belum ada stempel cap pernah ke luar negeri maka akan sulit di approve untuk visa Korsel dan jika di tolak maka stempel penolakan di cap di paspor dan akan berlaku selama enam bulan kalian tidak bisa melakukan pengurusan ke Korea Selatan.
2.    Foto Copy KTP
3.    Foto Copy Kartu Keluarga
4.    Surat Keterangan Izin Orang Tua ( Bagi yang masih pelajar )
5.    Surat Keterangan Dari Kampus ( Bagi yang masih Pelajar )
6.    Surat Keterangan Sebagai Karyawan ( Bagi Karyawan )
7.    Surat Izin dari Kantor ( Bagi Karyawan )
8.    Foto 4 x 6 Sebanyak 3 Lembar dengan latar Putih
Dan yang terakhir dan paling penting dan paling sering menjadi halangan Visa di Approve itu adalah 
9.    REKENING KORAN tiga bulan terakhir
Huh, mengapa saya sengaja memBold point yang ke sembilan ini??? Agar kalian yang ingin mengurus Visa bisa lebih memahami dan jangan sampai terjadi penolakan seperti yang dialami teman saya sehingga impiannya ke Korsel tertunda hanya karena persoalan Visa, otomatis tiket yang jauh-jauh hari di booking “hangus”.
10.    Surat Keterangan Bank
11.    Sponsor
Beberapa informasi yang kalian bisa baca sendiri di internet itu menyebutkan “nominal” saldo untuk Visa Korsel, kebnyakan menyebut  Rp. 50.000.000 tetapi ada juga yang Rp.30.000.000 bahkan Rp. 20.000.000 visanya di approve, jadi masih simpang siur sebenarnya berapa banyak nominal yang harus ada di rekening kita. Tapi mohon diperhatikan, rekening bukan cuman memperhatikan “saldo akhir” tetapi historinya itu selama tiga bulan. Staff di kedutaan akan memperhatikan bagaimana proses keluar masuknya dan perputaran uang di rekening kalian. Dalam hal ini banyak yang keliru sehingga, dengan simple tidak mau repot mereka hanya meminjam uang dengan jumlah banyak dan menjadikannya sebagai saldo akhir kemudian melakukan pengurusan. Jadi, jangan heran kalau di TOLAK.
Dimanapun dan Kapanpun selalu membuka peta, mau ke mana kita??? katakan,,katakan,,,,serasa DORA THE EXPLORER

Kamera, Peta, Buku Panduan, Kamus dan Paspor Wajib di bawa

Tapi, jangan berkecil hati dulu...jika kalian agak sedikit ragu dengan rekening pribadi yang kalian punya. Maka point ke sebelas bisa menjadi alternatif kalian. Seperti halnya dengan saya , karena semua berkas saya dari kantor dan bos saya dengan baik hati menawarkan rekening tabungannya, maka dalam pengurusan visaku menggunakan “sponsor’ rekening tabungan bosku yang isinya Milyaran bo”hahhaaha jadi dengan Pdnya saya yakin visaku 100% bakalan di approve  Ingat jika kalian menggunakan rekening orang lain maka Surat Keterangan harus dilengkapi, yang intinya menjelaskan bahwa orang tersebut bertanggung jawab sepenunya terhadap kalian jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di negara yang kalian kunjungi , bahasa kasarnya sih jika kita tidak bisa balik ke Indonesia karena seseuatu hal maka si sponsor tadi yang akan menanggung semuanya, tapi jangan sampai di sengaja juga kali tidak balik hehehhhe. Rekening koran bereskan??? Dan yang terakhir kalian ke Bank dan minta sama petugas bank Surat Keterangan Bank pengurusan visa yang isinya menjelaskan bahwa si Sponsor kalian itu adalah  memang  benar nasabah dari Bank tersebut. Surat Keterangan Bank sudah ada, maka kalian tinggal menunggu staff di kedutaan memprosesnya. Tiga sampai empat hari hasilnya sudah keluar.
Selamat mencoba...... 
Untuk contoh surat keterangan sponsor dan Surat Keterangan Bank, mohon maaf  saya lupa menscannya. Karena semua dokument asli langsung diserahkan ke Kedutaan.
Beberapa hari kemudian saya mendapat kabar baik dari Jakarta kalau visa saya di approve, senangnya bukan main. Dan sekarang sudah berani untuk menyiapakn persiapan ke Korea lebih detail tanpa khawatir lagi soal visa. Yuhuuuuuuuuuuuuu yeeeee yeeeeeeeee
Visa Korea berlaku slama tiga bulan dari tanggal issuednya dan pengurusannya harus sebulan sebelum keberangkatan
Visaku sudah ada dan saatnya memikirkan kostum apa yang akan dipakai selama di Korea hahahhha berhubung musim semi suhu berkisar  14-23 Derajat (Sejuk, matahari terik tapi anginnya sejuk)  jadi tidak ada salahnya sedikit lebih bergaya ala-ala KoreanGirls “Spring” :p

KOREA I AM COMING.............
Dari kiri, Saya, Kak Devi, Kak Wiwin, Nade dan paling kanan Unni Fitri ( Saya memanggilnya Unni yang artinya kakak perempuan dalam bahasa Korea, maklum Unni yang satu ini adalah member yang paling tua dalam group backpacking kami hahhaha pisssss....Unni Fitri berasal dari Jakarta, dia adalah seorang reporter dan penulis yang  kebetulan travel-Mate baru saya juga)   

Akhirnya kami touchdown Incheon Airport syalalallallalala..........
Ikuti terus cerita-cerita perjalanku yah, hehehe

2 komentar:

  1. ceritanya seru yah Vhi....
    ternyata gak semudah yang saya bayangkan..
    mesti mondar-mandir ngurusnya..
    tapi, Slamat yah....

    BalasHapus