Jumat, 17 Januari 2014

Hi, Jeddah!!!

Yes, again and again… Mimpi jadi kenyataan.Working Hard, Traveling Hard!!!!

Tiket saudi Airlines
        Jaman masih kuliah , yah tiga tahun yang lalu udah tertarik pengen ke Turki tapi sebatas tertarik aja belum berani merencanakan. Malah rejekinya backpacking ke Korea dulu. Tapi pas beberapa bulan kemarin tiba-tiba kepikiran terus sama Turki, mengingat di sana ada teman yang lagi kuliah jadi mungkin bisa irit budget alias numpang tinggal gratis. Pokoknya gimana caranya bisa punya tiket aja biar ke sana, buat beli tiketnya aja kaykanya susah banget ngumpulinnya. Kalau punya tiket ituudah aman, urusan di sananya entar dipikir belakangan, pasti ada jalannya. Selama 2013 saya udah cek-cek tiket yang rangenya itu sekitaran sepuluhjutaan, hmmmm mahal L tapi selalu positif thinking pasti bakalan ke sana tahun 2013, kudu wajib dan harus. Turki bikin galau, bikin jatuh cinta sampai-sampai saya buat status di WhatsApp saya (+62855255999140) TURKEY trus emotionnya love love gitu, cuman sebatas tulis aja namun gak ada action mau nabung tapi mimpi semakin kuat. Status saya gak pernah keganti kurang lebih sebulan sampai tiket ke Turki benar-benar di tangan, percaya apa gak aku bisa beli tiket ke sana. Alhamdulillah.

Overnight di Airport
Ceritanya, pas lebaran kemarin nih terima gaji eh dapat THR double gaji eh pas buka web Saudi Airlines, tarraaaaa…. Ini bukan kebetulan tapi ini udah rejeki udah jalan Tuhan buat saya ke Turki, di web Saudi Airlines terpampang sangat cantik tuh harga tiket $600 return KL-Istanbul, pas duit di tangan baju baru lebaran pun di abaikan langsung book tiket dan issued. Senengnya luar biasa, kemarin rate rupiah belum nyampe Rp. 10.000, jadi tiketku kurang lebih Rp. 6.000.000 lah dari harga normal Rp.10.000.000, an . How lucky I am, dan bikin senengnya lagi aku book tiket akhir tahun yang artinya pas winter dan tahun baru di Istanbul, Sok kali dan  gaya kali *logat Medan* hehehe nah 5 bulan tiket issued  sebelum departure jadi bisa saving sedikit-sedikit buat modal di Turkey.

Seat, 30 L
         Desemberpun tiba, udah mulai gak konsen kerja kepikiran liburan. Perjalanan saya ke Turki di mulai dari tanggal 26 sore menuju Kuala Lumpur. Jadwal penerbangan ke Istanbul tanggal 27 pukul 15:00 waktu setempat, berhubung peak season jadi tiket ke KL lumayan mahal dan mengharuskan saya overnight di airport. Sebenarnya saya bisa berangkat pagi dari Jakarta ke KL tanggal 27, tapi ce tiket AA lebih mahal dari Lion jadi saya pilih lion. Seperti biasa, maaaf lion sering delay makanya saya gak ambil resiko untuk ngambil first flight pada waktu itu pukul 09:00 dan tiba pukul 12:00, ada jedah 3 jam untuk connecting flight berikutnya. Tapi, kalau delay??? Good bye……. Dan pilihan saya gak ngambil flight pagi itu tepat, saya nelfon ke lion air buat reschedule tanggalnya di mundurin sehari dan cuman bayar Rp.50,000 biaya admnya. Betul dugaan saya as always delay. Flight saya yang harusnya pukul 9 malam delay menjadi pukul 11:00, hmmmmm….

FYI:  Bayar murah artinya ikut aturan dan gak boleh ngeluh, perjalanan saya ke Istanbul itu pake muter-muter dulu dan lama. Jadi rutenya KL-Riyadh-Jeddah-Istanbul. Perjalanan jauh gitu untungnya gak gempor mengingat pas kemarin booking tiket udah langsung ngatur seat duduk di depan 30L, jadi kaki bisa selonjoran gak pake pegal. Semua seat saya atur dengan seat yang sama yang kebtulan masih kosong, enak yah promo tapi pilih seat suka-suka. Dari KL ke Riyadh kurang lebih 7 jam, di Riyadh kami gak turun dari pesawat dan stay kurang lebih sejam. Di lanjutkan ke Jeddah sejam lagi dan di Jeddah mesti transit 14 jam , yah 14 jam kemudian dari Jeddah ke Istanbul durasi flightnya cuman 3 jam. Jauh-jauh hari udah khawatir mau ngapain transit lama begitu, kebetulan saya kerja di konjen dan akrab dengan orang dubes Saudi di Jakarta, saya minta di buatkan visa Arab biar bisa masuk Jeddah. Beliau mengiyakan dan akan membantu, tetapi mengingat saya masih 23 tahun dan tidak bersama suami yah karena emang belum punya dan juga tidak bareng saudara laki-laki makanya agak ribet, saya udah konsultasi ama teman-teman di BD yang mau berangkat umroh pas tanggal arrive saya tapi gak ada. Jadi ceritanya mau nebeng dalam satu grup buat masuknya aja, sepertinya sangat susah walaupun visa udah ada yang mau bantuin. Setelah di cek-cek lagi saya akan tiba di Jeddah malam dan berangkat ke Istanbul besok paginya pukul 10:00, dari pada pake ribet jadi saya memutuskan membatalkan rencana masuk Jeddah dan ngegembel di airport (visa Arab belum di urus).  Insha Allah rejeki masuk Jeddah lain kali pas umroh atau naik haji. AMIN!

Suasana di Airport Jeddah, iri deh liat mereka bisa menjalankan ibadah umroh


Setiba di King Abdul Azis, auranya udah beda. Penerbangan saya di penuhi jamaah berpakaian serba putih yang akan beribadah di Mekkah. Terhitung hanya beberapa orang yang gak berhijab, including me. Awalnya khawatir mengenai pakaian selama di Jeddah, ternyata gak masalah. Waktu itu saya haya memakai  jeans dan jaket serta syal karena memang lagi dingin. Kami di jemput oleh shuttle bus menuju departure hall. Mengecewakan airportnya kurang bagus, ramai banget dan sempit. Kami penumpang transit di pisahkan dari jamaah umroh, jalur masuknya beda. Pas masuk kami antri, kirain antri apa eh antri di bagiin kupon makan malam dan buat sarapan besok hahha asikkkk lucu juga sih serasa TKW gitu nunggu antrian, tapi lumayan kita gak perlu ngeluarin duit selama di airport , Saudi Airlines gak bikin kita merana dan terlantar. Makanannya banyak dan enak, yang susah yah cuman buat tidur aja. Palingan cari kursi kosong, itupun susah. Paling enak ngelantai ato mojok beralaskan selimut dan bantal yang di ambil dari pesawat. Hahahha (eh bukan nyolong, tapi emang boleh di ambil walaupun saat itu saya gak ngambil) cuman liat orang-orang yang juga transit make atribut dari pesawat. Yang udah pengalaman ngegembel dan terlantar di airport pasti ngertilah gimana nyari nyamannya overnight di airport. Selamat mencoba J

NB: di King Abdul Aziz Airport Jeddah

1.    Boleh gak berhijab untuk perempuan, yang jelas sopan.
2.    Kamar mandinya kurang nyaman dan gak memungkinkan buat mandi.
3.   Tempat untuk transit sangat sempit dan padat, mengingat jamaah umroh dari manca negara gak ada habis-habisnya.
4.    Smooking area tersedia buat perokok
5.   Tempat hiburan cuman duty free, transit 14 jam bolak balik sana harga barang-brang udah bisa di hafal, faktor kelamaan :p
6.    Pengeluaran selama di Airport Jeddah Rp. 0,-, tiket Jakarta-Kl return IDR 1.200.000,- airport tax Rp. 150.000,-

Anyway, mengulang kembali: dengan modal tiket USD 600 return via KL-Riyadh-Jeddah-Istanbul, perjalanan panjang tapi gak terasa soalnya nyaman banget pake saudi Airlines. Visa elektronik saya siapkan seminggu sebelum keberangkatan saya, caranya apply di internet dan bayar via kartu kredit $25, langsung di print dan beres. Sampai di Airport ataturk, Istanbul antrian panjang tapi gak lama. Langsung sodorkan paspor dan visa yang di print, tanpa di tanya satu kata pun, stempel dan langsung masuk. Gak nyampe beberapa menit. 10 hari trip di Turkey rasanya kurang, masih pengen balik lagi kalau ada rejeki.

Visa Elektronik 
https://www.evisa.gov.tr/en/apply/ 



Boarding Pass
Visa Elektronik Turki

Penginapan  
https://www.airbnb.com/login?redirect_params[action]=itinerary&redirect_params[code]=28436811&redirect_params[controller]=reservation

Semoga bermanfaat, cerita, itenerary dan budgeting di Turki nyusul :)


Hi, saudi airlines..... Thanks for your cheapest tickets :)



19 komentar:

  1. lovely story...have a nice trip

    BalasHapus
  2. mo nanya, waktu itu gimana caranya dapet harga semurah itu. sy uda coba browsing di web saudi airlines tapi malah KL-Istanbul malah gak keluar jadwal dan harganya. Makasi infonya

    BalasHapus
  3. halo Mili, ini juga kebetulan, gak nyangka haraganya segitu.

    BalasHapus
  4. halo kak lutfiah.. menarik banget postingannya!!! aku suka turki, tapi setelah baca postingan ini langsung menggebu gebu gitu pengen ke turki! aihh~
    boleh minta info rincian lengkap biaya indo - turki pp nya? thanks kak ;)

    BalasHapus
  5. Eh, kalo mau ke Turki via Jeddah, apa wajib apply visa Jeddah?

    BalasHapus
  6. halo Mili, ini juga kebetulan, gak nyangka haraganya segitu.
    انجام پایان نامه

    BalasHapus
  7. Halo Mba,

    Mau nanya, itu akhirnya transit di Jeddah harus bikin visa gak? Apply visa transit emang boleh ya kalau kita cewek dan traveling sendirian? Problem lainnya yg saya hadapi, saya dari Roma, karena saya tinggal di Itali skrg.Saya gak tau bisa apply visa atau tidak neh.

    Saya flight Rome-Indonesia, via Jeddah dengan waktu transit 23 jam.Sudah pasti butuh visa kan?
    hiks, nyesek karena tiket gak bisa direfund, maklum ticket diskonan. T__T

    BalasHapus
  8. halo mbak,,, apa kalo ke turki harus ada tiket PP ya ? saya dari KL mau ke Istanbul terus ke Tunisia,, apa boleh tiketnya di beli terpisah..?

    BalasHapus
  9. assalamualaikum, mau tanya klo untuk visa trasnit di jeddah masih diberlakukan kah atau tidak ?
    terimakasih

    BalasHapus
  10. kalau transit di jeddah 7 jam apakah perlu VISA transit mba? thanks

    BalasHapus
  11. Kalo Transit kayak gitu,,, kita bisa ke mekkah dulu gak ka???

    BalasHapus
  12. Hi..boleh saya tahu samada saya boleh keluar dr Jeddah airport jika transit selama 10 jam sementara menunggu flight seterusnya? Atau saya perlukan visa untuk keluar?

    BalasHapus
  13. اطراحی فروشگاه اینترنتی در شیراز
    ارائه دهنده ی صد ها مقاله ی آموزشی رایگان در حوزه ی تجارت الکترونیک

    بهینه سازی سیستم فروش در فروشگاه اینترنتی

    BalasHapus